Menpora Raker Bersama Komisi X DPR, Bahas Status Kewarganegaraan Otavio Dutra

Menpora Raker Bersama Komisi X DPR, Bahas Status Kewarganegaraan Otavio Dutra
Menpora Imam Nahrawi dan Otavio Dutra usai raker di DPR RI. Foto: Satria/kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melakukan rapat kerja (raker) bersama Komisi X DPR RI di Kantor DPR, Jakarta, Rabu (24/7) malam. Pertemuan itu membahas tentang pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Otavio Dutra, pesepak bola dari Brasil.

Hadir dalam raker yakni Sesmenpora Gatot S Dewa Broto bersama sejumlah pejabat eselon I dan II Kemenpora. Raker dipimpin langsung oleh Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto.

Menpora mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI yang telah memberikan perhatian besar terhadap perkembangan perihal sepak bola nasional, khususnya mengenai naturalisasi pemain. “Secara faktual bahwa Saudara Otavio Dutra telah tinggal di Indonesia sejak tahun 2011 untuk memperkuat Persebaya. Kemudian juga (pernah) memperkuat Persipura, Persegres Gresik, Bhayangkara FC, dan sekarang kembali memperkuat Persebaya,” ujar Menpora.

Dia menjelaskan, pertimbangan lainnya yakni Dutra masuk proyeksi tim nasional Indonesia dalam event internasional. “Semoga Dutra bisa memberikan contoh yang baik,” jelas Menpora.

Pada raker tersebut, Dutra diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan teks pancasila. Proses tersebut dilakukan dengan lancar dan mendapat tepuk tangan dari seluruh hadirin.

BACA JUGA: Indonesia Juara Umum ASG 2019, Kemenpora: Terima Kasih, Atlet Muda

Pada raker ini, Dutra yang hadir bersama isteri dan anaknya mengaku sangat cinta kepada Indonesia. Bahkan, mereka juga sudah mengenal budaya dan suka dengan masakan Indonesia. Pemilik nomor punggung 5 di Persebaya Surabaya ini juga bertekad ingin membawa sepak bola Indonesia maju. Dutra sempat meneteskan air matanya karena terharu. Momen itu terjadi usai rapat disudahi.

“Saya cinta Indonesia. Masa depan ketika pensiun, mungkin saya ingin menjadi pelatih. Saya ingin buat Indonesia maju. Di Brasil lahir banyak pemain hebat. Di Indonesia tak jauh berbeda, juga banyak talenta,” kata Dutra.

Menpora mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi X DPR yang telah memberikan perhatian besar terhadap perkembangan sepak bola nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News