MenPUPR Optimistis Capai Penyerapan Anggaran 50 Persen Bulan Ini

MenPUPR Optimistis Capai Penyerapan Anggaran 50 Persen Bulan Ini
Basuki Hadimuljo. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono optimistis target penyerapan anggaran kementeriannya mencapi 50 persen pada Agustus 2016. Saat ini menurutnya, penyerapan anggaran Kementerian PUPR sebesar 34,5 persen, dan penyerapan fisik sebesar 44,4 persen.

"Saya optimistis, dengan komitmen dan profesionalisme kerja yang tinggi, kita mampu meraih capaian akhir yang lebih baik dari tahun 2015 yang lalu,”  kata Basuki kepada pers, di Jakarta, Kamis (18/8).

Wujud dari penyerapan anggaran tersebut lanjutnya, dapat dilihat dari percepatan pembangunan infrastruktur telah mulai menampakkan hasilnya.

"Pada 2015, kita telah mulai pembangunan 13 bendungan baru dan meresmikan lima bendungan yakni Jatigede, Nipah, Bajul Mati, Titab dan Rajui. Tahun ini juga dimulai pembangunan delapan bendungan baru, antara lain Bendungan Rotiklod di NTT, serta berharap dua bendungan lagi dapat diresmikan, yakni Bendungan Paya Seunara dan Marangkayu," ungkapnya.

Ia tambahkan, pada 2016, PUPR juga telah meresmikan jalan tol Ruas Pejagan-Brebes Timur, Ruas Surabaya-Mojokerto Seksi 4, dan Ruas Gempol-Pandaan, serta telah memulai peletakan batu pertama pembangunan jalan tol baru, antara lain jalan tol Trans Sumatera, Tol Pemalang-Batang dan tol Batang-Semarang.

"Kita harapkan pada akhir 2016, 136 km jalan tol baru dapat beroperasi, sehingga total panjang jalan tol keseluruhan yang telah beroperasi menjadi 1.252 km,” imbuhnya.

Sedangkan untuk jalan non-tol, Basuki menyatakan telah memulai membangun Jalan Habema-Kenyam-Mumugu sebagai alternatif jalan akses dari selatan Papua menuju Wamena, serta jalan sejajar perbatasan dari Temajuk menuju Sebatik maupun jalan-jalan akses menuju pos lintas batas lain Entikong, Aruk, Nanga Badau, serta jalan akses menuju kawasan terisolasi Long Bawang/Krayan.(fas/jpnn)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono optimistis target penyerapan anggaran kementeriannya mencapi 50


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News