Mensos Juliari Serahkan Empat Unit Kendaraan Operasional ke Kopassus

Mensos Juliari Serahkan Empat Unit Kendaraan Operasional ke Kopassus
Mensos Juliari Batubara serahkan bantuan kendaraan operasional penanggulangan bencana ke Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Senin (1/9). Foto Humas Kemensos RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Juliari P Batubara secara simbolis menyerahkan empat unit kendaraan operasional penanggulangan bencana kepada Korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

"Yang kita lakukan hari ini adalah bentuk sinergi antara kementerian dan lembaga dalam penanggulangan bencana. Tujuannya untuk memastikan masyarakat yang terdampak bencana terpenuhi kebutuhannya," kata Menteri Juliari di Markas Kopassus, Jakarta, Selasa (1/9).

Empat unit kendaraan operasional itu terdiri dari dua unit kendaraan tangki air dan dua truk serbaguna. Total nilai bantuan adalah Rp 1.273.000.000. Juliari berharap bantuan itu bisa meningkatkan dukungan Kopassus terhadap penanganan bencana.

"Dengan kendaraan ini diharapkan membantu meningkatkan dukungan operasi kemanusiaan dalam penanganan bencana oleh personil Kopassus. Di lain pihak, masyarakat terdampak bencana bisa mendapatkan pertolongan lebih cepat dan lebih optimal," ucapJuliari.

Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menyatakan terima kasih atas bantuan dari Kemensos. Dia mengatakan bahwa TNI memiliki tugas berupa operasi militer di masa damai, yang dikenal dengan operasi militer selain perang. Salah satunya dalam penanggulangan bencana.

Menurut Cantiasa, tidak jarang dalam melaksanakan operasi kemanusiaan penanggulangan bencana, keterbatasan peralatan membuat Kopassus menemui kesulitan di lapangan.

"Dengan bantuan ini, kami yakin bisa lebih optimal menjangkau dan memaksimalkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana," katanya.

Dengan bantuan ini, Kopassus berharap bisa meningkatkan distribusi bantuan kemanusiaan khususnya penyediaan air bersih dan mobilitas perbantuan logistik masyarakat.

Kemensos RI berikan bantuan kendaraan operasional penangulangan bencana ke Kopassus TNI AD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News