Mensos Risma Luncurkan GRUWI untuk Tingkatkan Perlindungan Terhadap Disabilitas Rungu-Wicara

Mensos Risma Luncurkan GRUWI untuk Tingkatkan Perlindungan Terhadap Disabilitas Rungu-Wicara
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah) saat meluncurkan inovasi alat bantu gelang untuk penyandang disabilitas rungu dan wicara (GRUWI), Senin (3/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini meluncurkan inovasi alat bantu gelang untuk penyandang disabilitas rungu dan wicara (GRUWI).

GRUWI diluncurkan sebagai respons terhadap situasi rentan yang mungkin dihadapi oleh penyandang disabilitas rungu dan wicara.

Ancaman keamanan atau keselamatan yang mereka hadapi, bisa berupa tindakan kejahatan, kriminalitas atau bahaya lainnya.

Mensos Risma menyampaikan inovasi tersebut berangkat dari kegelisahannya mendapati kasus rudapaksa yang banyak menimpa anak-anak disabilitas rungu dan wicara.

“Jadi, ini adalah salah satu bentuk kegalauan saya terhadap banyaknya anak-anak tunawicara diperkosa. Itu salah satu alasan kenapa saya dorong teman-teman menciptakan (alat bantu) ini,” kata Mensos Risma dalam peluncuran GRUWI, Senin (3/7).

Bahaya kecelakaan di jalan, seperti tertabrak atau tersambar kereta api uga menjadi pertimbangan.

Pengalaman nyata tentang penyandang disabilitas rungu dan wicara tersambar kereta api pernah terjadi saat Risma menjabat Wali Kota Surabaya, beberapa tahun lalu.

Hal ini mendorong Mensos Risma dan staf melakukan reka cipta alat bantu ini.

Mensos Risma meluncurkan GRUWI sebagai respons terhadap situasi rentan yang mungkin dihadapi oleh penyandang disabilitas rungu dan wicara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News