Mensos Risma Pastikan Sudah Tindak Lanjuti Temuan BPK Soal Penyaluran Bansos

Mensos Risma Pastikan Sudah Tindak Lanjuti Temuan BPK Soal Penyaluran Bansos
Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan Kemensos telah merespons cepat temuan BPK terkait penyaluran bansos yang terindikasi kurang tepat sasaran. Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan kementerian yang dipimpinnya berkomitmen kuat menyalurkan bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.

Dia juga memastikan adanya tindak lanjut dari Kementerian Sosial (Kemensos) terhadap setiap laporan yang terindikasi kurang tepat sasaran sebagaimana laporan terbaru Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II 2022.

Terkait laporan tersebut, Mensos Risma memastikan jajaran Kemensos telah menindaklanjuti secara kelembagaan sebelum laporan tersebut terpublikasi.

Temuan BPK terdiri dari 3 bagian, yakni penetapan dan penyaluran bansos program sembako, penetapan dan penyaluran bansos PKH, dan penetapan dan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dan BLT Bahan Bakar Minyak (BBM).

Mensos Risma mengungkapkan temuan tersebut bersifat administratif, berupa perbaikan terhadap mekanisme penyaluran bansos.

Atas temuan tersebut, Kemensos telah menyerahkan dokumen tindak lanjut dalam pemantauan semester I-2023 untuk mendapatkan penetapan status dari BPK.

“Jadi ini bagian dari proses proses pengawasan dalam pengelolaan keuangan negara," kata Mensos Risma melalui keterangan tertulis, Jumat (23/6).

Sejak awal menjabat sebagai Mensos, Risma memastikan Kemensos sangat kooperatif terhadap mekanisme pangawasan oleh lembaga terkait, termasuk BPK.

Mensos Risma memastikan Kemensos telah merespons cepat temuan BPK terkait penyaluran bansos yang terindikasi kurang tepat sasaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News