Mentan Amran: Kepala Desa Penentu Sektor Pertanian

Mentan Amran: Kepala Desa Penentu Sektor Pertanian
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman pada acara pelatihan dan silaturahmi pemerintah desa se-Indonesia di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang, Kamis (29/11). Foto: Kementan

jpnn.com, TANGERANG - Pembangunan pertanian yang berkelanjutan sesuai misi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa, termasuk kepala desa.

Hal ini disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam sambutannya pada acara pelatihan dan silaturahmi pemerintah desa se-Indonesia di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang, Kamis (29/11)

"Kepala desa memegang peranan penting dalam swasembada pangan. Tanpa kepala desa pembangunan pertanian tidak akan berjalan. Jika ini terjadi, maka ketahanan pangan terganggu,” ujar Amran.

Menurut Amran, kepala desa sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan di desa menjadi penggerak ekonomi desa. 

"Penentu adalah para kepala desa. Jika kepala desa bergerak semua, kita akan jadi negara superpower,” tambah Amran menyemangati 1.000 kepala desa seluruh Indonesia yang hadir.

Dalam upaya membangun dan menyejahterakan pedesaan secara komprehensif, pemerintah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 46,9 triliun pada 2016.

Jumlah dana meningkat pada 2017 menjadi Rp 68 triliun dan Rp 73 triliun pada tahun ini.                                                                                                                                                                                 

Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Pemberitaan Media Cetak Abiyadun menjelaskan, anggaran tersebut direalisasikan di antaranya dalam berbagai program pengembangan prasarana dan sarana pertanian di pedesaan.

Pembangunan pertanian yang berkelanjutan sesuai misi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla membutuhkan dukungan seluruh komponen bangsa, termasuk kepala desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News