Mentan Amran Melantik DPP Dewan Ketahanan Pangan

Mentan Amran Melantik DPP Dewan Ketahanan Pangan
Mentan Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melantik kepengurusan DPP Dewan Ketahanan Pangan sekaligus rapat konsolidasi di Hotel Aston Priority, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2). Pada kesempatan itu, Amran meminta Dewan Ketahanan Pangan untuk fokus dalam mewujudkan swasembada pangan.

“Kami sudah bagikan road map grand design rencana Kementerian Pertanian sampai 2045 bagaimana bisa menjadi lumbung pangan dunia. Kami bahas terus, kami kaji terus, evaluasi terus menerus sampai tercapai mimpi-mimpi itu," kata Amran.

Amran juga mengaku sudah memberikan misi jangka pendek, menengah serta panjang kepada pengurus Dewan Ketahanan Pangan. Dia mengharapkan, semua misi terealisasikan sesuai target.

Dewan tersebut sendiri diisi oleh pejabat Kementan, sejumlah ahli dan akademisi dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Pertanian Bogor.

"Ini baru rapat perdana. Ini bulan depan kami akan rapat lagi,” jelas menteri asal Sulawesi Selatan ini.

Mengenai kondisi pangan saat ini, Amran melihat, sudah banyak perkembangan. Banyak komoditas pangan Indonesia yang awalnya impor, tetapi saat ini beralih menjadi ekspor.

"Kami syukuri jangung yang dulu impor 3,6 juta ton, kami bisa ekspor dan bawang dulu impor, kami sudah ekspor," jelas dia.

Dalam dewan tersebut, Amran juga mengharapkan ada kajian mengantisipasi populasi penduduk yang kian meningkat. Sejak empat tahun belakangan, Amran menilai, penduduk bertambah sekitar sepuluh juta jiwa.

Menurut Amran, kondisi pangan saat ini sudah banyak perkembangan. Banyak komoditas pangan Indonesia awalnya impor, tetapi saat ini beralih menjadi ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News