Mentan SYL Panen Padi dan Lele di Pemalang

Mentan SYL Panen Padi dan Lele di Pemalang
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melakukan panen lele Bioflok di Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Senin (7/12). Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, PEMALANG - Menteri Pertanian yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan panen raya padi di Desa Loning, Kecamatan Petarukan, dan memanen lele Bioflok di Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Senin (7/12).

Mantan gubernur Sulawesi Selatan yang menjabat dua periode ini terus mendorong pengembangan pertanian integrasi padi ikan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Menurut SYL, pertanian khususnya di Jateng dan Pemalang tidak asing lagi. Pertanian telah berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional, dan menyumbang pada kehidupan dari dulu sampai sekarang.

SYL menjelaskan di era pandemi Covid-19 sekarang ini, hanya sektor pertanian yang pertumbuhannya meningkat.

"Tadi saya lihat budi daya lele bagus sekali. Jadi di Pemalang ini harus dikembangkan integrasi padi dan lele agar ketahanan pangan kita makin tangguh,” kata SYL dalam kunjungan tersebut.

SYL menjelaskan dalam upaya mewujudkan kemajuan di sektor pertanian dan perikanan yang mandiri, menyejahterakan petani, dan terus berkontribusi terhadap perekonomian nasional, terobasan yang diimplementasikan tak hanya menyalurkan bantuan fisik atau input produksi dan pendampingan.

Namun, lanjut SYL, pihaknya juga menyalurkan fasilitas dana kredit usaha rakyat (KUR) yang benar-benar membantu permodalan dan kemajuan petanian. 

"KUR ini salah satu kekuatan di bidang pertanian sesuai yang Bapak Presiden Jokowi minta. Negara benar-benar hadir memfasilitasi menumbuhkan kekuatan stok pangan nasional, dilakukan secara merata di seluruh daerah," ujarnya.

Mentan SYL terus mendorong pengembangan pertanian integrasi padi ikan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News