Menteri DPDTT Janjikan Tambahan Dana Desa

Menteri DPDTT Janjikan Tambahan Dana Desa
dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar berjanji bakal memperjuangkan tambahan dana desa. Hal itu disampaikan saat melakukan audiensi dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

"Yang penting tahun ini kita cairkan dulu sesuai kemampuan APBN tadi. Nanti ke depan akan saya perjuangkan agar mendapat tambahan setiap tahun," terang Marwan, Selasa (3/2).

Menurut Marwan, penyaluran dana baru dapat dilakukan Rp 270 juta/desa karena melihat kemampuan APBN saat ini. Dia menambahkan, dalam APBN 2014 yang disahkan DPR periode 2009-2014 lalu, dana desa hanya dialokasikan Rp 9 triliun.

"Dalam APBN-P akan dilakukan penambahan Rp 11 triliun. Sehingga total dana desa yang dapat disalurkan pada tahun ini baru Rp 270 juta. Ini hitungan kasar saja jika dirata-rata dengan jumlah desa se-Indonesia yang mencapai 74 ribuan desa," tambah Marwan.

Selain itu, Marwan juga mengimbau para kepala desa agar membentuk BUMDes. Menurutnya, hal itu akan mendorong peningkatkan laju perekonomian desa setempat.

"Buatlah BUMDes sesuai potensi sumber daya di desa masing-masing, agar dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," tegas Marwan. (gir/jpnn)


JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar berjanji bakal memperjuangkan tambahan dana desa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News