Menteri ESDM Dituding Bangkrutkan Pertamina

Menteri ESDM Dituding Bangkrutkan Pertamina
Menteri ESDM Dituding Bangkrutkan Pertamina
JAKARTA - Indonesia Audit Watch (IAW) menuding Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dan Komisi VII DPR RI membuat PT Pertamina merugi setelah gagal memprediksi kebutuhan konsumsi masyarakat atas BBM bersubsidi pada 2011.

Menurut Sekertaris Pendiri IAW, Iskandar Sitorus, prediksi BBM yang terdiri dari Premium, Kerosene dan Solar disusun Kementerian ESDM bersama dengan PT Pertamina menggunakan mekanisme yang sudah baku. Dengan disetujui DPR, untuk kebutuhan Tahun 2011 sesuai UU APBN 2011, kebutuhan BBM subsidi adalah 38,46 juta kiloliter, yang tujuanya untuk mengantisipasi jikalau sampai terjadi ledakan permintaan masyarakat.

"Jero Wacik pada tahun 2011 telah gagal memprediksi dengan baik dan benar jumlah kebutuhan BBM subsidi yang akan dikonsumsi masyarakat Indonesia," kata  Sitorus dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN, Rabu (25/1).

Sebab, jumlah yang telah disetujui itu kemudian diperbesar menjadi 40,36 juta kiloliter di dalam APBN Perubahan 2011. "Total, negara mengalokasikan subsidi sebesar Rp129,7 triliun di dalam APBN-P 2011, dimana angka itu setara dengan volume 40,49 juta kiloliter," ujar Sitorus.

JAKARTA - Indonesia Audit Watch (IAW) menuding Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dan Komisi VII DPR RI membuat PT Pertamina merugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News