Menteri Marwan: Dana Desa Akan Terus Dinaikkan

Menteri Marwan: Dana Desa Akan Terus Dinaikkan
Marwan Jafar di Huntu Barat. Foto: JPNN

jpnn.com - GORONTALO - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar hanya bisa geleng-geleng kepala melihat kerja para kades, perangkat desa dan masyarakat di Gorontalo.

Marwan sangat kagum dengan semangat mereka yang bekerja keras membangun desa. Marwan pun yakin desa-desa di Gorontalo bakal melesat.

"Saya yakin desa di Gorontalo benar-benar bisa menjadi fondasi pembangunan nasional. Saya merasakan getaran semangat kemajuan itu, dan mohon dijaga dan diwujudkan terus dengan aksi nyata. Sebab pemerintah sangat mendukung dengan kebijan yang berpihak pada desa," ujar Marwan saat berdialog dengan ratusan Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Pendamping Profesional se-Gorontalo akhir pekan kemarin.

Marwan menambahkan, lahirnya UU No.6/2015 tentang Desa merupakan sejarah monumental karena desa akan dibangun dan memberdayakan diri. Perhatian dan kedudukan desa sudah diperkuat secara fundamental. Masyarakat desa pun menjadi subyek protagonis pembangunan. Hal itu diperkuat dengan Dana Desa yang akan terus ditingkatkan.

"Saya minta peluang ini dimaksimalkan oleh desa. Buatlah program yang bis mempercepat kesejahteraan. Diawali dengan membangun infrastruktur sebagai sarana aktivitas masyarakat. Bangun jalan desa, buat kegiatan yang padat karya," kata Marwan.

Marwan menambahkan, dana desa akan terus dinaikkan. Bukan hanya itu, proses pencairannya pun akan dipermudah agar tidak menyulitkan masyarakat. Sebagaimana diketahui, dana desa pada 2016 mencapai Rp 47 triliun.

Jumlah itu naik dua kali lipat dibandingkan 2015 yang mencapai Rp 20,7 triliun. Selain mengalami kenaikan signifikan, pencairan dana desa ini juga diupayakan hanya dalam satu kali transfer.

"Jika sebelumnya desa mendapatkan Rp 300 juta dana desa, maka tahun ini naik menjadi sekitar Rp 700 juta per desa. Kami juga sedang melakukan penataan agar dari sisi periode transfer tidak lagi tiga kali, tapi bisa ditransfer dua kali atau bahkan satu kali. Pokoknya kami buat yang mudah dan enak buat desa,'' tandas Marwan.

GORONTALO - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar hanya bisa geleng-geleng kepala melihat kerja para kades,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News