Menteri Marwan Iri Dengan Desa di Iran

Menteri Marwan Iri Dengan Desa di Iran
Menteri Marwan Iri Dengan Desa di Iran

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) ternyata mengusung misi khusus dalam Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung dan Jakarta.

Agenda itu bakal digunakan untuk peningkatan kerja sama selatan-selatan (south-south cooperation) antarnegara Asia-Afrika. Hal itu diharapkan bisa turut memberdayakan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa.

“Selain itu, Kementerian DPDTT juga akan menjajaki kerjasama dalam penataan wilayah dan pembukaan kawasan baru dengan pemerintah Iran. Negara ini pembangunan wilayah pedesaannya sangat baik. Seluruh desanya sudah berhasil dialiri listrik,” ujar Menteri DPDTT Marwan Jafar, Rabu (22/4).

Marwan mengatakan, peningkatan kerjasama sangat diperlukan. Marwan merujuk pada pidato presiden Joko Widodo mengenai ketidakadilan global. Yakni, adanya 1,2 penduduk di dunia yang tak menikmati dampak positif pembangunan global.

Karena itu, Kementerian DPDTT saat ini juga tengah merealisasikan kerjasama   dengan Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Pihaknya juga tak menutup kemungkinan melakukan kerjasama dengan negara di benua Amerika.

“Jika kita telisik lebih jauh pengalaman dari ketiga negara tersebut, mereka menjadi negara maju saat ini dengan menitik beratkan penguatan kapasitas dan pemberdayaan perekonomian masyarakat desanya. BUMDes harus menjadi elemen penting perekonomian negara di masa yang akan datang,” tegas Marwan. (gir/jpnn)


JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) ternyata mengusung misi khusus dalam Konferensi Asia Afrika


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News