Menteri Nasir: Dua Tahun Lagi Citarum jadi Sungai Terbersih

Menteri Nasir: Dua Tahun Lagi Citarum jadi Sungai Terbersih
Salah satu bagian Sungai Citarum yang dipenuhi sampah. Foto: Radar Bandung/JPG

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan Citarum jadi sungai terbersih di Indonesia dalam waktu dua tahun saja. Hal ini bisa terlaksana bila seluruh perguruan tinggi ikut berperan dalam upaya ini.

"Perguruan tinggi bisa mengambil peran penting untuk mendukung percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai citarum," ujar Menteri Nasir dalam sambutannya di acara Gebyar Edukasi 3R (Reuse, Recycle, Reduce) KKN Tematik Citarum Harum di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Desa Cilampeni, Kab. Bandung, Selasa (31/7).

Dia mengingatkan mahasiswa dan akademisi selain melakukan pendampingan masyarakat melalui KKN Tematik, mengembangkan riset, inovasi, kurikulum, dan teknologi yang punya dampak besar untuk mengubah Sungai Citarum menjadi baik. Sekaligus diharapkan menginspirasi masyarakat sekitar DAS Citarum agar berbudaya hidup bersih, sehat, rapi, dan indah.

Kemenristekdikti telah menyerahkan bantuan dua unit insinerator dan bibit pohon kopi hasil kultur jaringan sebagai bentuk kontribusi dan partisipasi aktif dalam program reboisasi sekaligus memberikan manfaat keekonomian bagi masyarakat setempat.

Dua unit insinerator tersebut didedikasikan untuk menguraikan sampah di sektor 8. Ke depan Kemenristekdikti bersama-sama dengan industri dan masyarakat akan mengupayakan untuk memfasilitasi ketersediaan insinerator di beberapa sektor lainnya.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan peran aktif masyarakat sangatlah penting dalam mengembalikan Sungai Citarum menjadi yang terbersih.

"Satu, dua tahun ke depan akan ada prubahan drastis di Sungai Citarum karena penanganan Citarum melibatkan sejumlah menteri juga, sehingga bisa bekerja sama mengembalikan Citarum menjadi sungai terbersih," tutur Safri. (esy/jpnn)


Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan Citarum jadi sungai terbersih di Indonesia dalam waktu dua tahun saja


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News