Menteri Siti Ungkap Strategi Indonesia Mencapai NDC

Menteri Siti Ungkap Strategi Indonesia Mencapai NDC
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat pertemuan World Bank Country Director Indonesia dan expert senior World Bank, Satu Kahkonen, Kamis (5/8/2021) malam WIB atau pagi waktu DC (5/8). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menjelaskan strategi Indonesia dalam mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) merupakan komitmen setiap negara pihak terhadap Persetujuan Paris.

Menurut Menteri Siti, pencapaian tersebut karena kombinasi kerja dua sektor besar penurunan emisi pada NDC, yaitu sektor FoLU atau kehutanan dan sektor Energi.

Demikian penjelasan Menteri Siti Nurbaya dalam pertemuan bersama Wakil Menteri LHK  Aloe Dohong, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, dan Wakil Menteri Keuangan (diwakili), serta Eselon I dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Koordinator Ekonomi dan National Focal Point atau NFP UNFCCC Indonesia dengan World Bank Country Director Indonesia dan  expert senior World Bank, Satu Kahkonen, Kamis (5/8/2021) malam WIB atau pagi waktu DC (5/8).

Dalam pertemuan ini dibahas pula tentang kebijakan carbon pricing Indonesia dan hal-hal yang sedang terjadi di Indonesia termasuk dari rezim Kyoto Protokol.

Menteri Siti Ungkap Strategi Indonesia Mencapai NDC

Oleh National Focal Point  atau NFP yang juga adalah Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Ruandha Agung Sugardiman juga menjelaskan tentang strategi Indonesia untuk mencapai netral karbon tahun 2060 serta rancangan kebijakan dan masing-masing indikatornya.

Selain itu dalam meeting dengan Bank Dunia ini juga dijelaskan tentang rencana Carbon Net Sink pada NDC sektor Kehutanan atau FoLU  tahun 2030 yang telah tercantum dalam Updated NDC (Nationally Determined Contribution).

Lebih lanjut, Menteri Siti mengatakan belajar dari pengalaman negara lain dan keahlian bank dunia dalam mendukung negara lain dalam mengembangkan sistem perdagangan karbon.

Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan strategi Indonesia dalam mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) merupakan komitmen setiap negara pihak terhadap Persetujuan Paris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News