Menteri Yuddy Disebut Berapor Merah, Ini Reaksi Anak Buah

Menteri Yuddy Disebut Berapor Merah, Ini Reaksi Anak Buah
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anak buah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menanggapi pernyataan pengamat kebjakan publik Medrial Alamsyah yang menyebut menteri dari Partai Hanura itu layak diganti karena berapor merah.

"Kalau ada pengamat yang menyatakan kinerja Menteri Yuddy belum tuntas, seperti perubahan nomenklatur yang belum selesai hingga saat ini. Kemudian, ada perubahan UU ASN, serta perubahan struktural yang dilakukan di beberapa kementerian, itu tidak benar. Kare‎na faktanya semua sudah diselesaikan sesuai target," terang Kepala Biro Hukum dan KIP KemenPAN-RB Herman Suryatman dalam keterangan persnya, Minggu (9/8).

Dijelaskan, berdasarkan Kepres 121/P Tahun 2014, telah dibentuk 34 Kementerian, dengan komposisi 13 kementerian mengalami perubahan nomenklatur dan pergeseran tugas dan fungsi, serta 21 kementerian tidak mengalami perubahan

Sesuai dengan tugas dan fungsi KemenPAN-RB, penataan 34 kementerian tersebut saat ini sudah dirampungkan. Prosesnya sudah sesuai dengan Perpres Nomor 165 Tahun 2014 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kabinet Kerja. Bahkan untuk 13 kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur, penyelesaiannya kurang dari tiga bulan.

"Jadi pernyataan saudara Medrial Alamsyah, yang konon katanya pengamat birokrasi,walaupun saya tidak pernah mendengar nama itu sebelumnya bicara soal Reformasi Birokrasi, itu ngawur dan tidak benar," kata Herman yang juga Juru Bicara KemenPAN-RB itu.

‎Demikian juga pernyataannya terkait alasan penyerapan anggaran yang rendah, sangat tidak mendasar.

Herman mengibaratkan, apabila diilustrasikan pesawat, maka sejatinya 21 engine organisasi kementerian itu normal karena tidak mengalami perubahan apapun. Menurutnya, yang diperbaiki itu hanya 13 engine yang mengalami perubahan nomenklatur sedangkan 21 engine, tetap bisa menerbangkan pesawat dengan normal.

"Artinya secara umum, penataan organisasi itu tidak menghambat penyerapan anggaran," tandas Herman.‎ (esy/jpnn)


JAKARTA - Anak buah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menanggapi pernyataan pengamat kebjakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News