Menu Kobra dan Biawak Paling Laris

Menu Kobra dan Biawak Paling Laris
OLAHAN EKSTREM: Sebelum dimasak, ular dibersikan dan dipisahkan dari empedunya. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - BOSAN dengan kuliner yang begitu-begitu saja? Datanglah ke kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat. Di sana terdapat lokasi wisata kuliner yang menyajikan masakan-masakan ekstrem. 

Deretan warung sederhana tampak menghiasi pinggiran jalan di kawasan Mangga Besar. Semuanya menyajikan menu istimewa: ular kobra. 

Ada juga restoran bernama King Cobra. Restoran tersebut khusus menyajikan masakan-masakan dengan bahan baku yang memang tidak lazim. Sebut saja, daging ular kobra, ular piton, buaya, biawak, kalong dan monyet. 

Binatang-binatang itu memabg sudah diracik khusus menjadi hidangan yang mengundang selera. Tidak hanya itu, hasil olahan daging rupa-rupa itu juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. 

"Kalau empedu ular itu untuk cuci darah, ters membersihkan kulit, obat asma dan diabetes juga bisa," kata Erika Mayasari, pemilik dan pengelola restoran yang beridri sejak 1965 itu. 

Dulu restoran itu bernama Restana Istana Raja Cobra. tahun 60-an, kakek Erika mulai memperkenalkan menu "aneh" tersebut. "Jadi ini generasi ketiga," kata Erika. 

Menurut Erika, bahan baku restorannya berasal dari pemasok di Jawa Barat, sepeti Indramayu dan Bandung. Khusus untuk ular piton, didatangkan dari Sumatera.  

Selain restoran, di Mangga Besar, warung PKL yang menyediakan makanan ekstrem juga mudah ditemui. Salah satunya adalah warung Ular Kobra. Kardi, 39 adalah pemiliknya. Dia mengaku sudah 13 tahun menggeluti makan dan minuman hasil racikan binatang melata. 

BOSAN dengan kuliner yang begitu-begitu saja? Datanglah ke kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat. Di sana terdapat lokasi wisata kuliner yang menyajikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News