Menunggu (Bekas) Presiden Diadili

Menunggu (Bekas) Presiden Diadili
Menunggu (Bekas) Presiden Diadili
MESKIPUN selama kurun waktu 66 tahun merdeka baru punya 6 presiden, tapi dalam soal latar belakang, kepala negara Indonesia paling banyak variannya. Ada politisi (Soekarno), ada militer (Soeharto), teknokrat (BJ Habibie), ulama (KH Aburrahman Wahid), ibu rumah tangga (Megawati), dan ada juga tentara yang pernah dikira intelektual (Susilo Bambang Yudhoyono).

 

Di banyak negara, latar belakang pemimpin sangat terbatas. Kalau bukan orang politik, atau orang hukum, ya militer. Ada memang pengusaha, tapi lazimnya bisnisman yang punya rekam jejak sebagai politisi. Misalnya George Bush Jr atau Thaksin, bekas PM Thailand yang digulingkan itu.

 

Akan tetapi, meskipun banyak variannya dalam soal latar belakang pemimpinnya, bangsa Indonesia secara politik sesungguhnya belum cukup matang. Sebab kita belum pernah punya pengalaman menyaksikan bekas presiden atau mantan pemimpin pemerintahan tertinggi diadili dan dihukum karena kesalahan yang dilakukan semasa berkuasa.

 

Bandingkan dengan rakyat Perancis, yang sekarang sedang menyaksikan pengadilan atas Jacques Chirac, mantan presiden negeri Eiffel umur 78 tahun itu, karena korupsi saat menjabat walikota. Rakyat Irak hanya selang beberapa tahun sudah melihat bekas penguasa dzalim (Saddam Hussein) diadili, lalu divonis mati dengan cara digantung.

 

MESKIPUN selama kurun waktu 66 tahun merdeka baru punya 6 presiden, tapi dalam soal latar belakang, kepala negara Indonesia paling banyak variannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News