Menurut Ketum PB HMI Ini Penyebab Menurunnya Kualitas Demokrasi Indonesia

Menurut Ketum PB HMI Ini Penyebab Menurunnya Kualitas Demokrasi Indonesia
Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Raihan Ariatama. Foto: PB HMI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Raihan Ariatama menyoroti kualitas demokrasi Indonesia yang dianggap mengalami penurunan.

Hal tersebut disampaikan Raihan pada acara Panggung Kebangsaan 93 Tahun Sumpah Pemuda: Menakar Kinerja 2 Tahun Jokowi-Amin di Sekretariat PB HMI, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Menurut dia, kondisi demokrasi Indonesia saat ini terjadi karena menguatnya populisme dengan sentimen rasial, etnis, dan agama yang merusak sendi-sendi kebangsaan dan kebhinekaan.

Selain itu, penyempitan ruang perbedaan berpendapat karena penggunaan pasal karet dalam UU ITE, tindakan represif dan kekerasan oknum aparat keamanan dalam pengamanan aksi demonstrasi, serta menurunnya indeks persepsi korupsi Indonesia juga menjadi alasan rusaknya kualitas demokrasi.

“PB HMI sebagai bagian entitas masyarakat sipil siap memenangkan demokrasi," kata Raihan, Kamis (28/10).

Hal tersebut, lanjut dia, dilakukan PB HMI dengan memasifkan wacana kebangsaan dan kebhinekaan serta keislaman yang moderat di ruang publik.

Kemudian, PB HMI juga mendorong pemerintah dan legislatif untuk melakukan penyempurnaan UU ITE demi mencegah penyempitan ruang publik, dan mengawal serta mengawasi kekuasaan agar tidak melakukan abuse of power.

Untuk itu, Raihan mengajak semua pemuda untuk menjadikan Hari Sumpah Pemuda sebagai momentum yang merefleksikan kondisi dan memproyeksikan masa depan bangsa.

Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama menyoroti kualitas demokrasi Indonesia yang dianggap mengalami penurunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News