Meski Awas, Ujian Semester Tetap Jalan

Meski Awas, Ujian Semester Tetap Jalan
Sejumlah anak dikaki gunung Merapi desa Setabelan Selo Boyolali menggunakan masker pelindung debu saat pembagian masker yang dibagikan oleh sejumlah relawan setempat. Foto: Arief Budiman/Radar Solo
SLEMAN - SD Pangukrejo, yang terletak di Dusun Umbulharjo, Cangkringan, sebuah sekolah yang tak seberapa luas berada di ujung lereng Merapi dan hanya berjarak tujuh kilometer dari puncak, kemarin tetap melaksanakan ujian tengah semester, meski status Merapi sudah awas. Saat ujian berlangsung, murid-murid yang jumlahnya lebih dari 90 anak ini dibiarkan tak tahu menahu akan status terbaru dari Merapi yang baru ditentukan pagi kemarin. Hal ini untuk menjaga situasi psikologis mereka agar tetap tenang mengerjakan soal ujian.

"Info tentang kenaikan status Merapi menjadi awas kami terima pukul 07.00. Sengaja kami tak beritahukan kepada anak-anak agar mereka bisa mengerjakan ujian dengan tenang. tapi, seluruh komponen sekolah seperti guru dan warga sekolah lainnya siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan," ujar Kepala Sekolah SD Pangukrejo Tapa Mardiyanta kepada wartawan, kemarin (25/10).

Kesiapan guru-guru dan warga sekolah lain, kata dia, sangat mendetail dalam segala aspek. Termasuk memposisikan arah parkir kendaraan bermotor ke arah selatan. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat saat siswa mengerjakan soal ujian mereka, penanganan bisa dilakukan dengan cepat. "Kami sudah memperhitungkan. Kalau awan panas keluar, dalam waktu 10 menit kami sudah bisa melarikan diri ke selatan, dan ini waktunya sangat cukup," imbuh Tapa.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya bersama warga sekolah tidak akan meliburkan kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu.sebelum keadaan dirasa benar-benar gawat. "Kami pihak sekolah belum merasa panik atau khawatir dan akan menunggu perkembangan lebih lanjut dengan mengacu pada protap dari pemerintah dan mempertimbangkan kearifan lokal.Jadi kalau sementara ini sudah ada instruksi untuk mengungsi, tapi kalau kami rasa masih aman, ya kami masih akan di sini," jelas Tapa.

SLEMAN - SD Pangukrejo, yang terletak di Dusun Umbulharjo, Cangkringan, sebuah sekolah yang tak seberapa luas berada di ujung lereng Merapi dan hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News