MH370 Terbang ke Timur Tengah?

MH370 Terbang ke Timur Tengah?
MH370 Terbang ke Timur Tengah?

jpnn.com - SEMAKIN banyak saja perkiraan keberadaan Malaysia Airlines MH370 saat ini. Jika memang dibajak, ke manakah pesawat yang mengangkut 239 manusia itu pergi. Sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan  bahwa MH370 berbelok arah dan dilakukan dengan sengaja oleh seseorang di dalam pesawat.

Nah, Reuters pun mendapatkan bahwa data lokasi MH370 beberapa saat ditangkap radar militer Malaysia.  Berdasar data tersebut, diketahui MH370 berada di waypoint (titik lintasan pesawat) di Selat Malaka atau timur laut Banda Aceh, Indonesia, tanpa terdeteksi radar sipil. Kemudian, pesawat itu terbang ke barat laut menuju tengah Laut Andaman.

Dari situ radar militer tak bisa lagi menjejak ke mana pesawat Boeing 777-200 itu pergi. Yang jelas di Laut Andaman, terdapat rute airways P628 yang sering digunakan pilot untuk terbang dari wilayah Asia Tenggara menuju Timur Tengah atau Eropa. Jadi apakah pesawat itu dibawa pelaku ke Timur Tengah atau Eropa?

Malaysia pun memastikan bahwa pesawat itu dibajak, meski mengakui kemungkinan itu ada. "Secara konsisten, itu dilakukan secara sengaja oleh seseorang di pesawat. Kami masih menginvestigas semua kemungkinan (termasuk kemungkinan pembajakan)," kata Najib. (AP/Strait/Rtr/kim/mas)

 


SEMAKIN banyak saja perkiraan keberadaan Malaysia Airlines MH370 saat ini. Jika memang dibajak, ke manakah pesawat yang mengangkut 239 manusia itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News