Mimpi-Mimpi Warga Jakarta di Dalam Kapsul Waktu

Mimpi-Mimpi Warga Jakarta di Dalam Kapsul Waktu
Kapsul Waktu. Foto: Gilang/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kapsul Waktu mendarat di Pulau Jawa pada Sabtu (31/10) setelah berkeliling ke Pulau Sumatera dan Kalimantan selama hampir dua bulan. Di dalam kapsul sepanjang 50 cm dan berdiameter 15 cm itu terdapat Mimpi dan Harapan warga Indonesia.

Ketika sampai di Bandara Soekarno Hatta, Kapsul Waktu itu langsung di bawa ke Balai Kota, Jakarta. Di Balai Kota, Kapsul Waktu itu disambut di antaranya oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Tarian tradisional Indonesia pun menyambut kedatangan Kapsul tersebut.

"Kami mengumpulkan mimpi-mimpi seluruh anak bangsa dari masing-masing provinsi dari Sabang sampai Merauke," kata koordinator Panitia Nasional Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 Jay Wijayanto di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (31/10).

Jay menyatakan, seluruh mimpi-mimpi akan dibawa ke Merauke. Di sana, tim Ekspedisi Kapsul Waktu akan membuat monumen. "Pada setiap tahunnya akan diukir peristiwa-peristiwa berharga pada tahun itu disepanjang panel-panel di monumen," ucapnya.

Jay menjelaskan, Kapsul Waktu itu akan dibuka pada tahun 2085. "Generasi yang akan datang itu dipersilakan untuk membuka kapsul itu," sambungnya.

Jay menyatakan, DKI Jakarta merupakan provinsi ke-17 ‎yang dikunjungi oleh tim Ekspedisi Kapsul Waktu. Sebelumnya, mereka sudah mengunjungi Sumatera dan Kalimantan.

Setelah dari Jakarta, Kapsul Waktu akan dibawa ke Bandung. Di sana akan dirayakan di depan Gedung Indonesia Menggugat dan Penjara Banceuy. Penjara itu merupakan tempat Soekarno pertama kali memimpikan memproklamasikan Republik Indonesia.

"Hari ini Jakarta akan menyampaikan tujuh mimpinya. Harapan ketujuh dibacakan bapak gubernur sendiri," ujar Jay.

JAKARTA - Kapsul Waktu mendarat di Pulau Jawa pada Sabtu (31/10) setelah berkeliling ke Pulau Sumatera dan Kalimantan selama hampir dua bulan. Di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News