Mindfulness, Tetap Saja Anak-anak Itu Ada yang Bertingkah Lucu

Mindfulness, Tetap Saja Anak-anak Itu Ada yang Bertingkah Lucu
Anak-anak TK Global Sevilla School duduk bersila, melatih fokus dengan metode mindfulness. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekelompok anak berusia 3-4 tahun tampak diam. Mereka duduk bersila seolah bersemedi. Matanya fokus melihat guru di depannya yang juga duduk bersila.

Namun, tidak semuanya yang fokus. Ada satu dua yang tolah-toleh sambil tersenyum memerlihatkan gigi bolongnya. Lucu dan unik. Sebab, sangat jarang anak-anak usia 3-4 tahun bisa diam. Biasanya mereka akan lari-larian di dalam kelas, bermain, dan bersenda gurau dengan teman meski gurunya ada.

Di bagian lain, tampak sekelompok anak-anak usia 6 tahun tengah menikmati alam bebas. Sama seperti yang di TK, anak-anak SD ini juga diajarkan bagaimana mensyukuri nikmat Tuhan atas alam semesta. Beberapa saat kemudian, mereka juga diminta duduk diam dan memejamkan matanya.

Rupanya, mereka bisa diam dan fokus karena hari ini bertepatan dengan Day of Mindfulness. Kegiatan ini dilaksanakan Global Sevilla dalam rangkaian peringatan ulang tahunnya yang ke-17 tahun.

Michael Thia, Superintendent Global Sevilla School menyampaikan, Day of Mindfulness kali ini merupakan kegiatan yang kedua. Acara ini menjadi kegiatan tahunan dan terbuka untuk umum.

"Ada seribuan siswa melakukan kegiatan mindfulness, dari tingkat TK sampai dengan SMA di Global Sevilla School," kata Michael saat ditemui di Kampus Global Sevilla, Selasa (8/10).

Dia menyatakan kebanggaannya karena Global Sevilla menjadi sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan mindfulness sebagai dasar pembentukan karakter siswa. Mindfulness juga mengajarkan siswa untuk hidup sehat.

"Mindfulness tidak hanya duduk diam sesaat tapi juga mindful eating, mindful listening, mindful yoga, mindful walking, mindful coloring, dan masih banyak lagi. Keseluruhannya dilakukan secara mindful atau berkesadaran," terangnya.

Day of Mindfulness dilaksanakan Global Sevilla School dalam rangkaian peringatan ulang tahunnya yang ke-17.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News