Minggu Ini jadi Puncak Arus Balik, 270 Ribu Kendaraan Bakal Menuju Jabodetabek

Minggu Ini jadi Puncak Arus Balik, 270 Ribu Kendaraan Bakal Menuju Jabodetabek
Pemerintah memprediksi 270 ribu kendaraan bakal menuju ke Jabodetabek pada Minggu (8/5) atau puncak arus balik Lebaran 2022. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memprediksi 270 ribu kendaraan bakal menuju ke Jabodetabek pada Minggu (8/5) atau puncak arus balik.

"Berdasarkan dari prediksi Jasa Marga itu akan ada 270 ribu kendaraan yang akan masuk ke Jabodetabek," kata Muhadjir melalui keterangan persnya, Sabtu (7/5) kemarin.

Dia mengatakan bahwa pemerintah sudah membuat langkah antisipasi menyikapi puncak arus balik Lebaran 2022. Semisal, memberlakukan arus satu arah atau one way menuju Jakarta.

Adapun, sistem tersebut mulai diberlakukan sejak Jumat (8/5) pukul 14.00 WIB dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga ke KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

"Tentu kami maksimalkan beberapa solusi seperti one way, ganjil genap dan contra flow,” ujar Muhadjir.

Namun, kata mantan Mendikbud itu, pemerintah menerapkan sistem lawan arah atau contraflow apabila kebijakan one way memunculkan kemacetan di jalur arteri. 

"Jangan sampai terjadi lock jam, macet yang terkunci. Ini yang harus dihindari betul-betul,” kata Muhadjir.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu melanjutkan bahwa koordinasi dan sinkronisasi Korlantas Polri dengan pihak Kemenhub dan operator tol terus diupayakan dalam melakukan tukar data demi menjaga kelancaran arus balik. 

Muhadjir Effendy memprediksi 270 ribu kendaraan bakal menuju ke Jabodetabek pada Minggu (8/5) atau puncak arus balik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News