MInta Tidak Naikkan TDL Selama Negosiasi

MInta Tidak Naikkan TDL Selama Negosiasi
MInta Tidak Naikkan TDL Selama Negosiasi
JAKARTA – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi meminta untuk tidak menaikkan tarif dasar listrik (TDL) sampai proses negoisasi yang saat ini tengah dilakukan selesai.  Menurut dia, pihaknya akan tetap berpegang pada skema awal yakni kenaikan antara 6-15 persen. Dia mencontohkan sektor usaha kecil menengah (UKM) memperoleh kenaikan paling tinggi hingga 80 persen, sehingga ini menimbulkan ketidakadilan.

Ia menjelaskan, pengusaha setuju dengan adanya kenaikan tarif listrik untuk mengurangi subsidi. “Memang subsidi untuk pengusaha perlahan harus dihilangkan, tapi saya tidak menyangka akan sebesar ini,” katanya di Jakarta di Jakarta. 

Dia juga mengharapkan kenaikan ini bisa dilakukan setelah lebaran. Sementara untuk proses negoisasi ditargetkan selesai sebelum 15 Agustus 2010. Sebelumnya, usai rapat menteri ekonomi hari ini, perhitungan tarif listrik beberapa industri tertentu yang diklaim di atas 40 persen dipastikan akan berubah pekan ini. Keputusan baru ini akan dibuat dengan mengubah beberapa struktur biaya listrik untuk perusahaan.

Sementara itu Menteri ESDM Darwin Z Saleh mengungkapkan, penghitungan ulang kenikan TDL bagi kalangan industri dilakukan karena pemerintah ingin adil  dalam merespon protes dari para pengusaha. “Pemerintah juga ingin fair atas masukan pengusaha ini. Kita lihat kembali di mana miss-persepsinya ini yang sedang kita lakukan,” katanya.

JAKARTA – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi meminta untuk tidak menaikkan tarif dasar listrik (TDL) sampai proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News