Misteri Kematian Brigadir J pada Jumat Kliwon, Anam Bilang Polisi Hanya Butuh Keberanian

Misteri Kematian Brigadir J pada Jumat Kliwon, Anam Bilang Polisi Hanya Butuh Keberanian
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membeber perkembangan kasus kematian Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo di Mabes Polri, Jakarta pada Rabu (20/7/2022). Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) Saiful Anam angkat bicara soal kasus Brigadir J yang tewas karena diduga terlibat baku tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022, Jumat kliwon.

Saiful mengatakam sebenarnya mudah bagi Polri untuk mengungkap tuntas kasus kematian Brigadir J.

Namun, lanjut Saiful, dikarenakan sudah banyak fakta yang seperti benang kusut sehingga membuat sulit penyidik dan tim khusus bentukan Kapolri untuk mengungkap kasus polisi tembak polisi tersebut.

"Saya kira sudah banyak bukti-bukti yang terpotong dalam kasus ini. Saya menduga terdapat rentetan peristiwa yang coba untuk diburamkan sehingga kasus ini agak susah untuk dibuktikan," kata Saiful anam kepada JPNN.com.

Menurut Saiful, butuh keberanian bagi Polri dan tim bentukan Kapolri untuk transparan dan terbuka dalam mengungkap kasus tersebut.

"Dengan sudah tidak menjabatnya Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam, semestinya tidak ada lagi perasaan sungkan atau tidak enak kepada siapa pun," ujar pria yang juga pakar hukum tata negara Universitas Indonesia itu.

"Polisi saya kira jangan mengorbankan institusi untuk melindungi oknum-oknum tertentu. Inilah saatnya Polri membuktikan dapat mengungkap kasus yang terjadi di internalnya," sambung Saiful.

Kasus Nofryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang tewas karena diduga terlibat baku tembak di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7) tengah jadi sorotan publik.

Saiful Anam menanggapi misteri kematian Brigadir J diduga terlibat baku tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo pada Jumat kliwon, 8 Juli 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News