JPNN.com

Mobil Operasi dan Evakuasi di Medan Perang

Senin, 08 Oktober 2018 – 16:09 WIB Mobil Operasi dan Evakuasi di Medan Perang - JPNN.com

jpnn.com, KANADA - Inkas, produsen mobil di Kanada berhasil membangun mobil penumpang berteknologi lapis baja. Kualifikasi mobil rancangan Inkas ini telah lolos dari standar militer yang mampu menghadapi medan berat seperti menjelajah hutan hingga menghadapi medan lumpur.

Melansir Carscoops, Senin (8/10), mobil diberi nama Armored Personnel Carrier (APC) alias Armored Medical Evacuation Vehicle (AMEV). Nama panjang menunjuk, kendaraan multiguna yang dibuat untuk mengatasi lingkungan tidak bersahabat dan medan berat. Di samping itu, mobil tersebut tetap aman berkat armor balistik level 7.

Inkas AMEV dikembangkan secara khusus untuk megangkut personel dan bantuan operasi pencarian serta penyelamatan di berbagai medan. Oleh karena itu, klien yang ditargetkan adalah penegak hukum, paramiliter dan operasi pemeliharaan perdamaian.

Inkas Superior dapat mengangkut hingga 14 personel atau hingga 2 personel dan 6 penumpang yang terluka. Selain itu, platform modular memungkinkan pemasangan berbagai komponen tambahan untuk penggunaan khusus.

Beberapa fitur unik kendaraan termasuk sistem ramp belakang hidraulik yang memfasilitasi penumpang yang terluka, serta paket optik ditingkatkan dengan PTZ infrared dan thermal imaging.

Sistem roda 4×4 menjadi paket drivetrain dengan suspensi yang konon memungkinkan kendaraan beroperasi tanpa hambatan di semua kondisi medan.

Mobil yang memiliki berat bobot mencapai 14.968 kg ini ditopang mesin diesel enam silinder segaris yang menghasilkan tenaga 330 hp dan torsi 1,286 Nm. Sumber tenaga membantu Inkas Superior APC/AMEV mencapai kecepatan tertinggi 130 km/jam.

Kendaraan juga mengemas transmisi Allison 3000 generasi kelima, 10.000 lb-ft (13.543 Nm) transfer case dan sistem bahan bakar elektro-hidraulik. Inkas mengklaim AMEV mengungguli kendaraan berukuran serupa lainnya baik dalam hal mobilitas dan keandalan. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha