MOU Perbatasan Camar Bulan Belum Final

MOU Perbatasan Camar Bulan Belum Final
MOU Perbatasan Camar Bulan Belum Final
PONTIANAK--Memorandum of Understanding (MoU/Nota Kesepahaman) 1978 di Camar Bulan dianggap belum final. Terjadi perbedaan mencolok dibandingkan Traktat London 1891. Terdapat 10 wilayah Outstanding Boundary Problems (OBP) bagi Indonesia dan 9 bagi Malaysia.

“Tidak ada pencaplokan di Dusun Camar Bulan. Kawasan itu masih status quo, secara keseluruhan ada 10, dan di Kalbar ada lima. Masih ada proses yang belum dilakukan,” tegas Mayjen TNI Armyn Angkasa Ali Anyang, Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Komunikasi Sosial Panglima TNI, kepada wartawan usai meresmikan Ali Anyang Center (AAC), belum lama ini.

Armyn menjelaskan, belum ada kekuatan hukum di kedua negara. Masih ada tahapan yang harus dijalani. Setelah dibuat MoU oleh kedua negara, ada lagi yang namanya proses ratifikasi.

“Masih Outstanding Boundary Problem. MoU perbatasan di Kalbar yang ber-status quo termasuk Camar Bulan belum ada persetujuan parlemen,” ungkap Armyn.

PONTIANAK--Memorandum of Understanding (MoU/Nota Kesepahaman) 1978 di Camar Bulan dianggap belum final. Terjadi perbedaan mencolok dibandingkan Traktat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News