Mudahkan Pendaftaran, Asuransi Jasindo dan Petani Terhubung Dalam Satu Aplikasi

Mudahkan Pendaftaran, Asuransi Jasindo dan Petani Terhubung Dalam Satu Aplikasi
Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo Diwe Novara. Foto dok Jasindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) terus berupaya memudahkan pendaftaran asuransi pertanian program pemerintah.

Salah satunya yakni melalui Sistem Informasi Asuransi Pertanian atau aplikasi SIAP.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo Diwe Novara, aplikasi SIAP dibuat untuk memudahkan pendaftaran asuransi pertanian program pemerintah.

“Melalui aplikasi ini, prinsip transparansi dan akuntabilitas pun akan sangat terjaga. Karena pihak terkait bisa memantau pelaksanaan asuransi program pemerintah melaui aplikasi ini,” ujar Diwe.

Di aplikasi ini terdapat beberapa fitur seperti, pendaftaran peserta, e-polis, pelunasan premi, pelaporan, hingga petani dan petugas penyuluh lapangan (PPL) bisa mengunggah dokumen klaim awal serta SK DPD.

“Melalui aplikasi SIAP tersebut, akan memudahkan para petani dalam proses pendaftaran, monitoring proses penutupan dan klaim, mengunduh e-polis, dan percepatan laporan awal klaim,” jelasnya.

Sejak Oktober 2015, Asuransi Jasindo dan Kementerian Pertanian menghadirkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) untuk melindungi petani dari risiko-risiko dan meningkatkan daya saing usaha petani padi.

Hal ini sejalan dengan amanat yang tertuang dalam Undang Undang (UU) nomor 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani, khususnya pelaksanaan strategi perlindungan petani melalui asuransi pertanian

Asuransi Jasindo terus berupaya memudahkan pendaftaran asuransi pertanian program pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News