Muhaimin Minta TKI Waspadai Bujuk Rayu Calo

Sebut Pembenahan Perekrutan sebagai Solusi Masalah TKI

Muhaimin Minta TKI Waspadai Bujuk Rayu Calo
Muhaimin Minta TKI Waspadai Bujuk Rayu Calo
JAKARTA - Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menghimbau kepada calon TKI, keluarga TKI dan masyarakat umum, agar berhati-hati terhadap penipuan (oleh) calo atau sponsor, yang sering melakukan bujuk rayu terhadap TKI yang hendak bekerja di luar negeri.

Muhaimin mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk memberantas dan menertibkan keberadaan sponsor TKI, yang selama ini menurutnya berkeliling di pelosok daerah mencari calon TKI. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya TKI ilegal dan undocumented, serta (aksi) pemalsuan identitas calon TKI.

"Para calon TKI jangan mau tergiur oleh bujuk rayu para calo yang tidak bertanggung jawab. Lebih baik para calon TKI berangkat melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang resmi dan terdaftar di dinas tenaga kerja kabupaten/kota setempat," ujar Muhaimin di Jakarta, Selasa (5/7).

Dikatakannya, salah satu masalah yang dialami para tenaga kerja Indonesia di luar negeri, umumnya bersumber dari proses rekrutmen di dalam negeri. Pembenahan mekanisme rekrutmen dari daerah asal inilah menurutnya, yang merupakan solusi perlindungan terhadap para TKI.

JAKARTA - Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menghimbau kepada calon TKI, keluarga TKI dan masyarakat umum, agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News