Muhaimin Tagih Kerja Satgas TKI

Muhaimin Tagih Kerja Satgas TKI
Muhaimin Tagih Kerja Satgas TKI
JAKARTA — Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar berjanji kerja satuan tugas (satgas) tenaga kerja Indonesia (TKI) yang telah dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah bisa dilaporkan. Pasalnya, anggota satgas saat ini sudah berada di beberapa negara tujuan seperti Arab Saudi, Singapura dan China.

“Mereka sudah tiba di sana. Mungkin minggu depan akan saya sampaikan hasil kerja satgas tersebut, mengingat minggu depan itu para tim Satgas diperkirakan akan kembali ke Indonesia,” ungkap Muhaimin di Jakarta, Rabu (20/7).

Muhaimin menjelaskan, Satgas TKI yang ditugaskan oleh presiden untuk menyelesaikan dan membebaskan para TKI yang terancam hukuman mati di beberapa negara tujuan. Ia  pun menyebutkan, Maftuh Basyuni mempimpin tim satgas ke Arab Saudi,  tim yang dikirim ke Malaysia akan dipimpin mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri, sedangkan yang ke China dan Singapura akan dipimpin mantan Jaksa Agung, Hendarman Supanji. 

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini juga mengungkapkan, ketiga satgas tersebut sedang melakukan pendampingan kepada para TKI yang dipenjara dan terancam hukuman mati. Satgas juga akan melakukan kunjungan ke lembaga pemaafan negara setempat,  untuk mencari cara terbaik melepaskan TKI dari jeratan hukuman mati. “Misalnya seperti di Arab Saudi, tim Satgas kita langsung mendatangi keluarga korban agar mau memberikan maaf dengan uang diyat,” imbuhnya.

JAKARTA — Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar berjanji kerja satuan tugas (satgas) tenaga kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News