Mulai Cemaskan Aksi Anti Malaysia

Mulai Cemaskan Aksi Anti Malaysia
SOLO. Sejumlah elemen di Solo Jawa Tengah sudah tak tahan lagi melihat ulah negeri tetangga Malaysia yang main klaim itu. Mereka menggelar aksi dan membakar bendera Malaysia. Aksi ini juga terjadi di sejumlah kota lainnya, dan sudah membuat cemas sejulamlah mahasiswa Malaysia yang kini sedang belajar di Indonesia. ( Foto: Radar Solo
PADANG – Aksi demo anti Malaysia mulai membuat keder para mahasiswa Malaysia di Indonesia.  Termasuk para mahasiswa  Malaysia yang kini sedang melanjutkan studi nya ke Universitas  Andalas.  Dan fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-Unand) Padang menjadi tempat kuliah favorit bagi lulusan SLTA di Malaysia. Saat ini saja, 330 mahasiswa dari sana yang kuliah di FK-Unand. Mereka ini ikut menanggung beban psikologis akibat ‘memanasnya’ hubungan RI-Malaysia.

Para calon dokter didikan Unand itu kini mulai resah dan mengkhwatirkan keselamatannya. Bagaimana tidak, aksi unjuk rasa mengecam sikap Malaysia yang bertubi-tubi mengklaim kepemilikan RI, baik pulau maupun hasil budaya kreatif, sudah mulai bermunculan. Slogan ‘Ganyang Malaysia’ pun mulai digaungkan.

Kecemasan membuat para mahasiswa asal Malaysia itu memilih tutup mulut saat ditanya mengenai berbagai kasus aktual itu. “Saya no comment untuk hal itu. Coba tanya senior saya tentang hal itu. Saya hanya mahasiswa tahun tiga,” kata Aji Kumar, mahasiswa kedokteran asal Kuala Lumpur, berusaha menghindar saat ditanya JPNN.

Saat itu, Aji Kumar sedang kongkow-kongkow di Dekanat Fakultas Kedokteran 7 teman senegaranya. Salah satunya bernama Kumara Bala, mahasiswa kedokteran asal Selangor Malaysia.  Dia mengatakan bahwa dirinya tidak mau ikut campur urusan klam-klaim itu.

PADANG – Aksi demo anti Malaysia mulai membuat keder para mahasiswa Malaysia di Indonesia.  Termasuk para mahasiswa  Malaysia yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News