Muncul Dugaan Ini Penyebab Pabrik Kembang Api Terbakar

Muncul Dugaan Ini Penyebab Pabrik Kembang Api Terbakar
Pabrik petasan dan kembang api di Kosambi Kabupaten Tangerang, Kamis (26/10/2017) meledak dan menyebabkan 47 korban jiwa dan puluhan lainnya mengalami luka bakar. Foto: M. Jakwan/Tangerang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Muncul dugaan pemicu kebakaran pabrik kembang api milik PT. PBCS diduga bukan semata karena bahan kembang api.

Salah satu faktor tidak terkendalinya api diduga karena bahan mercon banting yang diproduksi perusahaan tersebut.

Jadi, perusahaan itu tidak hanya membuat kembang api. Namun, juga mercon banting yang biasa dikenal dengan nama Mr Kaget.

Ukuran mercon itu memang kecil, tidak lebih besar dari pada krikil. Penggunaannya cukup unik, dengan dibanting bisa terjadi letupan.

Namun, bila jumlahnya begitu banyak, bisa jadi berbahaya dan memerlukan perlakuan khusus.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Raden Prabowo Argo Yuwono mengaku belum mengetahui adanya pembuatan mercon semacam itu di pabrik tersebut.”Saya belum mendapat informasi itu,” jelasnya.

Apakah akan ditelusuri untuk mengetahui jenis mercon banting mini itu memiliki perizinan? Sebab, bisa jadi kebakaran yang dahsyat itu akibat bahan mercon banting.

Argo menuturkan bahwa saat ini posisi kasus sudah sampai pada penetapan tersangka. ”Kemungkinan tidak ke arah sana kasusnya,” terangnya dihubungi Jawa Pos kemarin.

Penyidikan kasus terbakarnya pabrik kembang api terus dilakukan. Sampai saat ini pelaku bernama Subarna Ega Sanjaya, selaku tukang las, belum tertangkap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News