Musik Angklung Disebut Mampu Memotivasi Seseorang Berkarya

Musik Angklung Disebut Mampu Memotivasi Seseorang Berkarya
Motivator angklung Joko Nugroho. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Musik kreatif angklung dinilai mampu memovitasi seseorang untuk berkarya. Angklung motivasi juga bisa menciptakan harmoni kerja seseorang yang tahu menempatkan diri.

Motivator angklung Joko Nugroho mengatakan bahwa alat musik tradisional asal Jawa Barat itu bisa menjadi hiburan dan pertunjukan.

"Seseorang akan lebih mudah menerima pesan apabila mendengar musik yang membuatnya nyaman di sela waktu belajar, misalnya," kata Joko dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/6).

Dia mencontohkan musik kreatif angklung sangat efektif diberikan saat jeda atau menjadi salah satu isi acara dalam pembekalan untuk para staff Kementerian Tenaga Kerja di hotel Novotel Bogor, baru-baru ini.

Dalam kegiatan bertajuk Sinegritas Pengantar Kerja Pusat Dalam Era Digitalisasi itu tidak sekadar pembekalan satu arah antara narasumber dan peserta yang terkesan kaku serta membosankan.

Joko menyatakan bahwa musik kreatif angklung membuat kegiatan tersebut menjadi terasa sebuah hiburan atau malah dianggap pertunjukan.

"Kesan ini tidak mengurangi bobot pelatihan, tetapi nilai lebih karena peserta nyaman sementara pesan-pesan dan muatan materi tetap tersampaikan dengan efektif,” ujarnya.

Joko mengungkapkan bahwa dengan media angklung ini diharapkan bisa memotivasi semua peserta mengetahui apa peranannya di setiap unit kerja.

Musik kreatif angklung dinilai mampu menciptakan harmoni kerja seseorang untuk berkarya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News