Musim Haji Berdarah...

Musim Haji Berdarah...
Jamaah haji yang sedang berdoa. FOTO: AFP

jpnn.com - ENTAH mengapa musim haji tahun ini diselimuti banyak kejadian yang menguras air mata. Hari ini (24/9), ratusan orang meninggak karena terinjak-injak oleh jamaah haji lain sat hendak melaksanakan lempar jumrah, di Mina. Setidaknya 220 jamaah dinyatakan meninggal 

Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi mengatakan bahwa, desak-desakan terjadi di Jalan 204, beberapa mil di luar Mekkah. Ritual itu menjadi rawan karena jutaan muslim bergerak bersama ke satu lokasi.

Jalan 204 merupakan satu dari dua jalur utama yang melewati perkemahan di Mina menuju Jamarat, lokasi para jemaah haji melempar iblis yang disimbolkan dengan tiga pilar. 

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan jemaah haji terbaring di atas tandu sementara petugas layanan darurat mengangkat mereka ke dalam ambulans.

Otoritas Arab Saudi pun berupaya mencegah gelombang besar dari Arafah dengan mencarikan jalur alternatif. 

“Pekerjaan yang sedang dilakukan adalah memisahkan rombongan besar jemaah dan mengarahkan mereka menuju rute alternatif,” tulis Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi di Twitter. 

Bisa jadi musim haji adalah musih haji berdarah lantaran telah terjadi beberapa kejadian yang merenggut nyawa ratusan jamaah.

(Baca: Innalillahi... 220 Jemaah Haji Wafat Akibat Desak-Desakan Jelang Lempar Jumrah)

ENTAH mengapa musim haji tahun ini diselimuti banyak kejadian yang menguras air mata. Hari ini (24/9), ratusan orang meninggak karena terinjak-injak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News