Musim Hujan Datang, Waspadai Disentri

Musim Hujan Datang, Waspadai Disentri
Musim Hujan Datang, Waspadai Disentri
DISENTRI merupakan jenis penyakit yang banyak dialami masyarakat terutama ketika awal musim penghujan. Penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa sakit di sekitar perut, sehingga banyak juga kalangan menyebutnya flu perut. Demikian disampaikan dr. Taruna, Sp.P.D.

Dilanjutkan, selain sakit di bagian perut, penyakit ini biasanya disertai muntah, diare, dan nyeri saat buang air besar. ’’Penyakit itu disebabkan reaksi saluran cerna terhadap serangan bakteri maupun sejenis amoeba. Sehingga penderita akan mengalami buang air besar berdarah, diare encer, buang air besar dengan tinja berlendir, dan nyeri perut,” paparnya.

Ditambahkan dr. Taruna, jenis bakteri yang menyebabkan disentri adalah shigella, escherichia coli, salmonella, dan campylobacter jejuni. Hampir semua kasus disentri berat yang mengancam jiwa disebabkan bakteri shigella. Sedangkan jenis amoeba yang ganas dan hidup di daerah tropis adalah entamoeba histolytica.

Jenis bakteri yang menyerang, terus Taruna, biasanya dibedakan atas klasifikasi usia. Yaitu disentri yang disebabkan amoeba banyak ditemukan pada anak usia di atas lima tahun. Sedangkan disentri basiler biasanya dialami anak-anak di bawah lima tahun.

DISENTRI merupakan jenis penyakit yang banyak dialami masyarakat terutama ketika awal musim penghujan. Penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News