Nanan vs Oegro, Siapa Beruntung ?

Nanan vs Oegro, Siapa Beruntung ?
KAPOLRI Bambang Hendarso Danuri (BHD) Sempat menghilang dengan keterangan yang simpang siur. Foto: Ali/Jawa pos
JAKARTA- Tak sampai dua bulan lagi, Kapolri Jenderal  Bambang Hendarso Danuri (BHD) pensiun. Tepatnya, Oktober mendatang. Siapa pengganti BHD?  Hingga kini Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) masih menggodok calon pemilik sandi TB 1 (Tribrata -1) itu.

    

Namun, kabar yang beredar di lingkungan Mabes Polri , dari delapan nama yang diusulkan kini tinggal dua nama yang ditimang-timang. Yakni Komjen Nanan Soekarna, Irwasum Mabes Polri. Dan, Irjen Oegroseno, Kapolda Sumatera Utara. Entahlah, kedua nama ini yang sengaja dikerucutkan kepermukaan atau  keduanya memang yang terbaik untuk menduduki jabatan TB-1. Yang pasti, di internal Polri sendiri, ada nuansa pertarungan diam-diam untuk memperebutkan posisi TB-1 di kalangan para jenderal dan masing-masing angkatan.

Masing-masing calon memiliki tim sukses 'diam-diam'. Kerjanya bergerilya, untuk membangun citra baik melalui media maupun bisik-bisik ke wartawan. Di kalangan wartawan, aksi dukungan gaya 'malu-malu' polisi seperti ini sudah menjadi rahasia umum. Maklum, jabatan Kapolri adalah puncak karir dari pengabdian seorang polisi. Meski, untuk menduduki jabatan ini, tidaklah mudah. Tidak cukup menjadi polisi yang pandai. Tidak cukup pula sekedar predikat polisi yang bersih. Sebab, polisi yang sudah mengantongi predikat bersih, pandai, cakap namun jika kurang "beruntung" maka iapun tidak juga  menjadi Kapolri.

Kembali kepada dua calon yang kini banyak disebut-sebut di kalangan internal Polri, Nanan Sukarna dan Oegroseno. Dari sisi angkatan, keduanya adalah Akpol 1978, ideal karena waktu pensiun masih panjang. Memang ada Irjen Bambang Suparno (Akpol 1980) yang disebut juga jadi kandidat kuat, namun posisinya sekarang (staf ahli Kapolri) dinilai belum cukup kuat  untuk mengangkat bursa akseptibilitasnya.

    

JAKARTA- Tak sampai dua bulan lagi, Kapolri Jenderal  Bambang Hendarso Danuri (BHD) pensiun. Tepatnya, Oktober mendatang. Siapa pengganti BHD? 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News