NasDem: Kartu Nikah Jangan Sampai Membani Rakyat

NasDem: Kartu Nikah Jangan Sampai Membani Rakyat
Syarief Abdullah Alkadrie. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syarif Abdullah Alkadrie mendukung penerbitan kartu nikah sebagai pelengkap buku nikah seama tidak membebani masyarakat.

Bagi Syarif, yang terpenting kebijakan atau program itu tidak memberatkan bagi masyarakat, serta dapat meningkatkan pelayanan.

"Asal tidak memberatkan masyarakat, itu saja. Jangan gara-gara kartu nikah itu harus menambah biaya lebih besar lagi," kata Syarif, Rabu (14/11).

Legislator dari Kalimantan Barat (Kalbar) itu menambahkan program kartu nikah itu sangat baik. Kehadirannya memberikan kemudahan kepada masyarakat. Kartu nikah juga praktis dibawa ke mana pun.

"Saya pikir itu bagus, dan menggunakan database yang baik. Artinya ke mana pun orang pergi, bisa menunjukkan dan membawa kartu nikah itu untuk hal yang diperlukan," ungkapnya.

Seperti diberitakan, Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan kartu nikah sebagai pelengkap buku nikah pada 8 November 2018 lalu. Peluncuran itu ditandai dengan beroperasinya Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) berbasis web dan kartu nikah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid mengatakan, Kemenag harus bekerja lebih efisien agar dengan harga yang sama atau beda sedikit, masyarakat bisa mendapat buku sekaligus kartu nikah.

Terlebih semua fraksi di DPR sudah sepakat memberikan subsidi untuk kartu nikah dalam anggaran pendapatan belanja negara (APBN). "Karena intinya untuk meningkatkan pelayanan," kata Sodik di gedung DPR, Jakarta, Selasa (13/11). (boy/jpnn)


Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syarif Abdullah Alkadrie mendukung penerbitan kartu nikah


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News