Naskah UNKP Sudah Datang, Siap Didistribusikan

Naskah UNKP Sudah Datang, Siap Didistribusikan
Siswa SMA simulasi UNBK. Ilustrasi Foto: Denar/Kalteng Pos/JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Naskah Ujian Nasional Berbasis Pensil Kertas (UNKP) telah diterima oleh Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Kamis (15/3) di SPN Kupang.

Jumlahnya menurun dibanding tahun lalu seiring meningkatnya peserta UNBK (ujian nasional berbasis komputer).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Johanna Lisapaly mengatakan, naskah tersebut segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di NTT. Pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Kupang.

“Ujian untuk SMK akan dilaksanakan terlebih dahulu yaitu tanggal 2-5 April. Sementara SMA tanggal 9-12 April. Pertama akan dikirim pada 22 Maret. Pada prinsipnya naskah ujian harus sampai sebelum ujian,” katanya.

Ia menjelaskan, naskah ujian yang dikirimkan ke kabupaten/kota akan diamankan di dinas pendidikan kabupaten/kota atau di Polres setempat.

Sementara untuk SMP, pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada 23-26 April. Naskah ujian belum tiba. Berdasarkan informasi akan sampai di Provinsi NTT sekitar 25 April.

Untuk SMP, Dinas Pendidikan Provinsi NTT juga bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan bahwa naskah ujian sampai sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

"Naskah ujian memang akan lama di kabupaten/kota masing-masing. Tetapi lebih baik semua kesiapan sudah dipersiapkan termasuk soal,” katanya.

Jumlah naskah UNKP menurun dibanding tahun lalu karena sudah banyak sekolah yang menjalankan UNBK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News