Nelayan Tarakan Tangkap 3 Kapal Malaysia

Nelayan Tarakan Tangkap 3 Kapal Malaysia
Nelayan Tarakan Tangkap 3 Kapal Malaysia
TARAKAN – Gerah atas aksi kapal nelayan berbendera Malaysia, nelayan Tarakan pun bereaksi. Minggu (15/1) kemarin, masyarakat nelayan yang tergabung dalam Persatuan Nelayan Kecil (PNK) Kota Tarakan, melakukan aksi penangkapan dan pendudukan kapal trawl berbendera Malaysia. Kapal berbendera Malaysia itu ditangkap oleh nelayan Tarakan di kawasan Tanjung Pasir, sekitar pukul 06.30 Wita kemarin.

Ketiga kapal tersebut kemudian digiring ke sebuah dermaga nelayan di kawasan Lingkas Ujung. “Polisi juga ikut bersama kami ke tempat kejadian perkara (TKP) di Tanjung Pasir. Jadi kami tidak melakukan tidakan sendiri karena kami sebagai nelayan kecil juga menghargai petugas, jadi kalau ada petugas kepolisian kita biarkan mereka yang memproses,” ungkap Rustam, ketua PNK Tarakan.

Kapal milik Malaysia itu teridentifikasi bernama KM Tarik Jaya, KM Senangin dan KM Bunga Aurel dan sudah di police line – oleh kepolisian. Juga turut diamankan 15 anak buah kapal (ABK) dan dokumen kapal yang dikeluarkan pemerintah Malaysia.

Rustam mengakui, satu diantara kapal tangkap berbendera Malaysia tersebut juga ada yang memiliki dokumen Tanda Pendaftaran Kapal Penangkap Ikan (TPKPI) yang dikeluaran oleh DKP Tarakan. “Tapi ada kapal yang betul-betul tidak punya dokumen Indonesia, tapi punya dokumen yang dikeluarkan pemerintah Malaysia. Ada pula yang yang punya dokumen Indonesia yang dikeluarkan DKP Kota Tarakan atas nama perusahaan SKA yang menaungi mereka, tapi ABK dan juragannya mengaku orang Malaysia,” bebernya kepada Radar Tarakan.

TARAKAN – Gerah atas aksi kapal nelayan berbendera Malaysia, nelayan Tarakan pun bereaksi. Minggu (15/1) kemarin, masyarakat nelayan yang tergabung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News