Nepal Waspadai Ganja di Hari Suci

Nepal Waspadai Ganja di Hari Suci
Nepal Waspadai Ganja di Hari Suci
KATHMANDU - Sadhu alias orang-orang suci kaum Hindu Nepal memang punya hak istimewa untuk mabuk ganja. Apalagi, jika kegiatan itu dilakukan saat Shivaratri, festival tahunan untuk menghormati Dewa Siwa. Tapi, polisi Nepal tetap menindak keras mereka yang hanya berpura-pura menjadi sadhu demi menikmati ganja.

   

"Kami sengaja menyiagakan sejumlah besar personel, baik berseragam atau tidak, di lokasi perayaan Shivaratri hari ini (kemarin)," kata seorang pejabat kepolisian ibu kota kepada Agence France-Presse kemarin (2/3).

Kebetulan, puncak festival Shivaratri diperingati kemarin. Karena itu, ribuan sadhu yang berambut gondrong dan gimbal memadati Candi Pashupatinath di Kota Kathmandu.

Pemerintah Nepal memang melegalkan pemakaian ganja oleh kaum sadhu. Terutama, pada malam puncak festival Shivaratri. Dalam ritual puncak itu, ribuan sadhu akan merokok lintingan daun ganja kering sampai mabuk. Ritual yang tidak biasa itu dilakukan sebagai wujud penghormatan tertinggi mereka kepada Dewa Siwa. Konon, Dewa Penghancur itu pun suka menikmati ganja.

KATHMANDU - Sadhu alias orang-orang suci kaum Hindu Nepal memang punya hak istimewa untuk mabuk ganja. Apalagi, jika kegiatan itu dilakukan saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News