Ngomong Kredit Sambil Puasa

Ngomong Kredit Sambil Puasa
Ngomong Kredit Sambil Puasa
SUASANA Ramadhan tak meluputkan kita untuk berbicara tentang isu ekonomi yang walaupun rumit tapi sangat penting bagi masa depan bangsa. Terakhir adalah kasus BI rate yang berkali-kali turun, dan disusul kesepakatan 14 bank nasional, termasuk bank asing maupun campuran untuk menyahuti sektor riil yang merasa kurang dikucuri kredit bank.

Syukurlah. Tiga bulan ke depan, bunga deposito menjadi 8% dari tadinya 10%. Lalu, disusul penurunan suku bunga kredit. Mungkinkah?

Kita surut dulu ke belakang, bahwa menurut para bankir, harga kredit dibentuk oleh empat faktor. Yakni, biaya dana atau cost of fund, margin keuntungan, biaya operasional dan premi risiko. Biaya dana dan margin keuntungan adalah faktor dominant dengan pengaruh 80% atas penentuan bunga kredit.

Syahdan, biaya dana meliputi 6,66%, margin keuntungan 5,85%, biaya operasional 1,97% dan premi risiko hanya 0,3%. Jika semua ditotal, ditemukanlah angka 13,78% yang merupakan rata-rata bunga kredit di perbankan nasional.

SUASANA Ramadhan tak meluputkan kita untuk berbicara tentang isu ekonomi yang walaupun rumit tapi sangat penting bagi masa depan bangsa. Terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News