Nigeria Lagi-lagi Singkirkan Amodu

Nigeria Lagi-lagi Singkirkan Amodu
Shuaibu Amodu. Foto: AFP.
LUANDA - Dewan pengurus Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) dilaporkan akan bertemu pada hari Jumat depan, di Abuja, demi memutuskan nasib salah satu tim benua Afrika yang lolos ke Piala Dunia 2010 tersebut. Seperti dirilis AFP, Senin (1/2) dinihari WIB, beberapa pejabat penting NFF menyebutkan bahwa hal utama yang akan dibahas adalah soal keberadaan pelatih Shuaibu Amodu.

Kamis lalu, hanya beberapa jam setelah gagalnya Nigeria melaju ke final Piala Afrika 2010, NFF memang disebutkan telah mendesak Amodu untuk membuat pernyataan bahwa staf berikut posisi kepelatihan di timnya tersebut akan ditinjau ulang. Hal itu disebutkan terkait dengan persiapan Nigeria ke depan menjelang Piala Dunia di Afsel, yang bakal segera berlangsung bulan Juni.

Jika memang demikian adanya, ini akan menjadi kali kedua bagi Amodu harus menerima nasib pahit, tak bisa memimpin Nigeria di ajang utama Piala Dunia, setelah sebelumnya ia justru yang meloloskan tim tersebut. "Amodu tidak akan menjadi orang (pelatih) yang mendampingi Nigeria di Piala Dunia Afrika Selatan," ungkap salah seorang pejabat eksekutif NFF yang tak mau disebutkan namanya, menyampaikan kabar dari Luanda.

Pada tahun 2002 lalu, Amodu sebenarnya telah menjadi orang Nigeria pertama yang berhasil meloloskan timnas negeri itu ke ajang Piala Dunia di Korea-Jepang. Hanya saja, kejadian serupa menimpanya, tepatnya yakni gagal membawa tim berjulukan The Eagles itu ke final Piala Afrika 2002 di Mali. Peristiwa itu, ditambah pertentangan dengan pejabat NFF, membuat Amodu akhirnya tak menjadi pelatih Nigeria di Korea-jepang, di mana posisinya saat itu diserahkan kepada Adeboye Onigbinde.

LUANDA - Dewan pengurus Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) dilaporkan akan bertemu pada hari Jumat depan, di Abuja, demi memutuskan nasib salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News