Nikola Kalinic, Perusak Tembok Kokoh Spanyol

Nikola Kalinic, Perusak Tembok Kokoh Spanyol
Nikola Kalinic menodai gawang Spanyol di ajang Euro setelah tak kebobolan dalam 733 menit. FOTO: AFP

jpnn.com - BORDEAUX - Pelatih Kroasia, Ante Cacic, membuat putusan brilian dengan memainkan Nikola Kalinic sebagai starter kontra Spanyol, Rabu (22/6) dini hari WIB. Ini tak lepas dari kondisi Mario Mandzukic yang kurang fit. 

Penyerang Fiorentina tersebut pantas menyandang predikat pahlawan. Kroasia tertinggal 0-1 sejak menit ke-7. Setelah melakukan beberapa kali usaha, Kroasia akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-45. 

Adalah Kalinic yang mampu merobek jala gawang David De Gea dan membuat kedudukan imbang 1-1. Gol tersebut dilakukan dengan cara luar biasa yakni lewat backheel. 

Dalam sejarah Euro, Kalinic menjadi pemain keempat yang bisa mencetak gol lewat backheel setelah Savo Milosevic (Yugoslavia), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), dan Danny Welbeck (Inggris). 

Tak hanya itu, Kalinic pun menjadi pemain pertama yang merusak tembok kokoh Spanyol di ajang Euro. Perlu diketahui, gawang Spanyol tak pernah kemasukan di ajang Euro selama 733 menit. 

Terakhir kali Spanyol kebobolan di ajang Euro terjadi pada pertandingan pertama mereka di fase grup Euro 2012 pada 10 Juni 2012. Saat melawan Italia, gawang Iker Casillas dibobol Antonio Di Natale pada menit ke-61. Laga itu sendiri berakhir dengan skor 1-1.  

Bagi Kalinic sendiri, ini merupakan gol pertama dia di turnamen Euro. Pada Euro 2008, dia gagal mencetak gol dan hanya bermain satu kali. 

Gol Kalinic membangkitkan semangat juang Kroasia dalam laga tersebut. Setelah Sergio Ramos gagal melakukan eksekusi penalti pada menit ke-72, Kroasia akhirnya mencetak gol kemenangan pada menit ke-87 lewat Ivan Perisic. 

BORDEAUX - Pelatih Kroasia, Ante Cacic, membuat putusan brilian dengan memainkan Nikola Kalinic sebagai starter kontra Spanyol, Rabu (22/6) dini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News