Nilai Tukar Petani Naik

Nilai Tukar Petani Naik
Nilai Tukar Petani Naik
JAKARTA- Badan Pusat Statistik (BPS) memantau harga-harga pedesaan di 32 propinsi di Indonesia pada bulan September 2009, nilai tukar petani (NTP) secara nasional mengalami kenaikan sebesar 0,66 persen dibandingkan dengan bulan Agustus 2009.

Kepala BPS Rusman Heriawan mengatakan, hal tersebut disebabkan oleh adanya kenaikan indeks harga hasil produksi pertanian lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kenaikan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun untuk keperluan produksi pertanian.

Menurutnya, NTP yang diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang harus dibayar petani, merupakan salah satu indikator untuk melihat kemampuan atau daya beli petani di pedesaan. Selain itu, NTP juga dapat menunjukkan daya tukar atau term of trade  dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

“Jadi jika semakin tinggi NTP, secara relatif maka semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani di pedesaan,” jelas Rusman di Jakarta, Senin (2/11).

JAKARTA- Badan Pusat Statistik (BPS) memantau harga-harga pedesaan di 32 propinsi di Indonesia pada bulan September 2009, nilai tukar petani (NTP)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News