Novotel Terbakar, Tamu Semburat

Novotel Terbakar, Tamu Semburat
Kebakaran Hotel Novotel Surabaya di Jalan Ngagel di lantai 10 gedung pertemuan pada hari selasa 16/11/10 pukul 03:45 dini hari menyulitkan PMK memadamkan api karena gedung yang tinggi, api membesar terlihat dari area parkir gedung pertokoan Carefour lantai 3 sisi timur Hotel Novotel. Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos
SURABAYA -- Ketenangan Hotel Novotel dinihari kemarin (16/11) terkoyak. Hotel di Jalan Ngangel tersebut terbakar. Petugas hotel pun bergegas membangunkan para tamu yang sedang tertidur lelap untuk dievakuasi. Petugas lainnya berusaha memadamkan api. Api berkobar di gedung C atau apartamen yang berada di bagian paling belakang hotel tersebut. Bunga api menyembul dari lantai sepuluh bangunan tersebut. "Api muncul pertama kali sekitar pukul 01.45 WIB," ungkap General Manager Novotel Surabaya Christiaan F Jones, kemarin.

Dengan cepat, api merambat ke seluruh bagian lantai sepuluh. Terutama ke bagian atap. Sebab, atap bangunan tersebut terbuat dari kayu yang mudah terbakar. Sambil menunggu bantuan dari unit pemadam kebakaran (PMK), segala upaya dilakukan petugas hotel untuk memadamkan api.

Beruntung, hydran dan juga tandon air di hotel tersebut mencukupi dan berfungsi baik. Hanya saja, karena api menyambar di lantai paling atas, usaha para karyawan terasa belum maksimal. Sebab, lokasi yang terbakar sulit dijangkau. "Hal itu juga karena sifat api yang berkobar ke atas," ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran PMK Surabaya Ari Bekti Iswantoro di lokasi kejadian.

Baru sekitar dua jam kemudian, api berhasil dijinakkan oleh petugas PMK yang dating ke lokasi sekitar pukul 02.15 WIB. PMK mengerahkan empat unit kendaraan. Salah satunya mobil tangga yang digunakan para petugas untuk menjangkau lokasi kobaran api.

SURABAYA -- Ketenangan Hotel Novotel dinihari kemarin (16/11) terkoyak. Hotel di Jalan Ngangel tersebut terbakar. Petugas hotel pun bergegas membangunkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News