Obama Cabut Larangan Dana Aborsi

Obama Cabut Larangan Dana Aborsi
Obama Cabut Larangan Dana Aborsi
WASHINGTON - Satu lagi kebijakan warisan George W. Bush yang dikikis Barack Obama. Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat yang baru dilantik itu kemarin mencabut larangan pemerintah AS mendanai kelompok-kelompok internasional yang menyediakan layanan aborsi. Juru bicara Gedung Putih Bill Burton mengatakan, Obama telah meneken keputusan tersebut pada Jumat (kemarin WIB).

BBC melansir, kebijakan dana pemerintah AS untuk aborsi itu memang menjadi ''lahan sengketa'' antara Demokrat dan Republik -bergantung dari mana partai asal sang presiden- sejak kali pertama dicetuskan Ronald Reagan pada 1984. Ketika pemerintahan beralih dari Reagan yang seorang Republikan ke Bill Clinton dari Demokrat pada 1993, larangan tersebut dicabut. Namun, di bawah George W. Bush yang Republik, kebijakan yang populer dengan sebutan Mexico City Policy itu diberlakukan kembali pada 2001.

Gebrakan Obama tersebut direspons positif parlemen. Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan bahwa pencabutan larangan bantuan dana untuk aborsi itu akan menyelamatkan kehidupan serta memberdayakan perempuan miskin dan keluarganya demi memperbaiki taraf hidup dan masa depan mereka.

Sebaliknya, mereka yang dari kalangan konservatif menilai, keputusan sang presiden berdarah Afrika-Amerika itu hanya akan mendorong bertambahnya kasus aborsi. ''Sungguh sangat tidak bermoral pajak jutaan dolar dari rakyat dipakai untuk kampanye aborsi di penjuru dunia,'' kecam Mike Pence, senator Republik dari Indiana, seperti dilaporkan Associated Press. (ape/ami)

WASHINGTON - Satu lagi kebijakan warisan George W. Bush yang dikikis Barack Obama. Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat yang baru dilantik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News