Obama: Saya Anak 'Below' Menteng

Obama: Saya Anak 'Below' Menteng
ANAK MENTENG: Presiden AS Barack Obama dan Menlu AS Hilary Clinton tengah menyapa para pegawai Deplu AS. Pada kesempatan itu, Obama sempat bertemu Charles Silver, seorang diplomat AS yang pernah bertugas di Indonesia dan sama-sama pernah tinggal di Menteng. Foto: AP
JAKARTA – Masa kecil empat tahun di Indonesia begitu melekat pada memori Presiden AS Barack Hussein Obama. Itu terbukti ketika seorang pegawai Departemen Luar Negeri AS Charles Silver menyapa Obama dengan teriakan bahasa Indonesia pada acara brifing presiden ke pejabat Deplu AS kemarin (23/1).

Dalam tayangan ABC News terlihat Obama dengan spontan merespons sapaan anak buah Menlu Hillary Clinton itu dengan  sapaan bahasa Indonesia juga dengan lancar. Silver yang fasih berbahasa Indonesia dan saat itu ada di barisan kedua pejabat Deplu yang akan bersalaman dengan Obama menyapa sang presiden dengan ’’Selamat sore, Bapak.’’ Obama menjawab balik sapaan itu ’’Selamat sore, terima kasih,’’ jawab Obama di tengah kerumunan staf Deplu AS. ’’Apa kabar ?’’ tanya Obama balik. ’’Baik-baik saja,’’ jawab Charles Silver.

Merasa menemukan kenangan masa kecil, Obama berhenti, kemudian dengan antusias mengajak Silver mengobrol akrab mengenai kehidupan masa kecilnya di Indonesia dalam bahasa Inggris. ’’Are you...?’’ Obama menanyakan identitas Silver. Diplomat senior AS itu lalu menjelaskan bahwa dia pernah tinggal di Jakarta bersamaan waktunya saat Obama masih kecil.

Selanjutnya, Silver bertanya kepada Obama apakah presiden kulit hitam pertama AS itu tinggal di Jakarta di kawasan di mana Silver tinggal, yaitu dekat kawasan Kedutaan Besar AS di Jakarta. Obama rupanya tahu bahwa Silver menetap di Menteng dan dia tidak tinggal di daerah itu.

JAKARTA – Masa kecil empat tahun di Indonesia begitu melekat pada memori Presiden AS Barack Hussein Obama. Itu terbukti ketika seorang pegawai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News