Obama Janji Bantu Haiti

AS Kerahkan Peralatan Militer dan Ribuan Marinir

Obama Janji Bantu Haiti
PENGUNGSI- Korban gempa di Haiti yang selamat dari gempa. Foto: AP/news.yahoo.com
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat akan mengerahkan peralatan militer dalam sekala besar ke Haiti. Langkah itu sebagai respon Presiden AS Barack Obama atas tragedi bencana gempa bumi yang melanda negara miskin di Karibia itu. Kapal-kapal, pesawat angkut, helikopter dan 2000 anggota marinir AS langsung diberangkatkan secepatnya ke Haiti.

Presiden Obama dalam jumpa pers di Gedung Putih, Rabu 913/1) waktu setempat, menjanjikan untuk membantu sepenuhnya upaya penyelamatan dan upaya kemanusiaan untuk membantu rakyat Haiti mengatasi tragedi itu. Seperti dilaporkan Associated Press, Obama menegaskan bahwa upaya untuk pertolongan sudah disiapkan ketika pemerintah AS masih menghitung jumlah warga AS di negeri yang diguncang gempa pada Selasa (12/1) petang lalu itu.

"Kita diingatkan rasa kemanusiaan umum bahwa kita harus berbagi," ujar Obama yang didampingi Wapres Joe Biden. "Kita harus berada di sana (Haiti) untuk mereka pada saat-saat dibutuhkan, " sambung Obama.

Sementara Kementrian Luar Negeri AS masih akan memeriksa laporan tentang setidaknya tiga warga AS yang tewas di Haiti. Juru bicara Kementrian luar Negeri AS, PJ Crowley menyatakan, hanya 100 dari sekitar 45 ribu warga AS di Haiti yang bisa dihubungi dan dipastikan dalam kondisi baik-baik saja.

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat akan mengerahkan peralatan militer dalam sekala besar ke Haiti. Langkah itu sebagai respon Presiden AS Barack

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News