Obama Minta NSA Hentikan Penyadapan Sementara Waktu

Obama Minta NSA Hentikan Penyadapan Sementara Waktu
Obama Minta NSA Hentikan Penyadapan Sementara Waktu

jpnn.com - Presiden Amerika Barack Obama meminta Badan Keamanan Nasional (NSA) menghentikan pengumpulan dan penyimpanan data besar-besaran percakapan telepon warganya.

Permintaan ini dilakukan Obama sebagai bentuk reaksi dari tindakan Edward Snowden. Pria yang kini jadi buronon wahid AS ini telah membocorkan ribuan dokumen kepada wartawan mengenai program pemantauan rahasia Amerika sehingga mengejutkan banyak orang di seluruh dunia.

Obama mengatakan pemerintahannya akan kembali merancang kebijakan baru mengenai pengumpulan data telepon itu selambat-lambatnya hari Jumat (28/3) saat program NSA dihentikan.

Seperti dilansir laman BBC News, Selasa (25/3), Amerika Serikat telha mewajibkan kepada provider untuk tidak menyimpan rekaman percakapan telepon lebih lama dari yang dilakukan sekarang. Rekaman itu harus pula diberikan kepada NSA sebagai informasi terbaru untuk kepentingan penyelidikan keamanan Amerika.
 
Pada konferensi pers di Belanda, Presiden Obama mengatakan ia yakin rencana penyadapan akan tetap dilakukan untuk mencegah serangan teroris baru terhadap Amerika. Penyadapan boleh dilakukan setelah mendapat izin dari pengadilan.  (fny/jpnn)

 

Presiden Amerika Barack Obama meminta Badan Keamanan Nasional (NSA) menghentikan pengumpulan dan penyimpanan data besar-besaran percakapan telepon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News