Obat Diabetes Bisa Membantu Memblokir Penarikan Nikotin

Obat Diabetes Bisa Membantu Memblokir Penarikan Nikotin
Ilustrasi. (Foto: pixabay/Jpnn)

jpnn.com - Menurut hasil studi tikus, obat diabetes yang aman dan murah berpotensi menjadi alat untuk memerangi kecanduan nikotin. Metformin adalah obat yang umum digunakan dan murah yang membantu mengobati diabetes tipe 2.

Tetapi para peneliti dari Johns Hopkins University mungkin telah menemukan penggunaan alternatif untuk obat tersebut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan metformin juga mampu memblokir gejala penarikan nikotin.

Laporan berjudul "Aktivasi AMPK oleh metformin meningkatkan tanda-tanda penarikan diendapkan oleh penarikan nikotin" diterbitkan dalam jurnal PNAS pada 2 April lalu.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), merokok menyumbang lebih dari 480.000 kematian per tahun di Amerika. Rata-rata, umur perokok sepuluh tahun lebih pendek daripada yang bukan perokok.

Sangwon Kim, seorang associate director di Johns Hopkins University School of Medicine, menyarankan terapi berhenti merokok gagal untuk secara langsung mengobati gejala penarikan nikotin.

FDA telah menyetujui tiga terapi sejauh ini, yakni terapi penggantian nikotin, agonis parsial reseptor acotilkolin nikotinat dan antidepresan.

Kim memimpin studi bersama dengan para peneliti dari University of Pennsylvania. Setelah terkena rejimen nikotin dua minggu, tikus laboratorium tidak menunjukkan gejala penarikan ketika diberikan obat diabetes metformin.

Didukung oleh penelitian sebelumnya yang mengeksplorasi dampak nikotin pada kimia otak, para peneliti berhipotesis obat mungkin bisa menghilangkan gejala penarikan seperti kecemasan dan iritabilitas.

Menurut hasil studi tikus, obat diabetes yang aman dan murah berpotensi menjadi alat untuk memerangi kecanduan nikotin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News